Saat Sedang Sadar

Mulai hari ini aku harus lebih cermat lagi dalam pengelolaan pengeluaran. Pasalnya, anggaran yang sudah disiapkan untuk pembangunan rumah sudah menipis dan rumahnya belum siap-siap juga. Aku mulai mencoba melakukan list pengeluaran bulanan lagi di aplikasi monefy yang sudah lumayan lama kutinggalkan. Setelah dievaluasi, ternyata banyak pengeluaran-pengeluaran yang harusnya tidak ada malah membengkak di sana. Tanpa sadar dana yang disiapkan untuk rumah malah terpakai untuk belanja sehari-hari. Hiks.

Kami harus kurang-kurangi makan di luar yang sebenarnya ini sering tarjadi ketika aku tidak masak. Jadi, mulai sekarang aku harus rajin masak. Bagaimana caranya? Nah, ini aku harus bangun mood lagi untuk rajin masak walaupun masih di rumah mama. Harus sering-sering nyari ide masak apa. Biasanya aku bakalan semangat lagi kalau liat akun makmak yang rajin masak tapi bekerja juga. Belakangan ini akun mbak Rini Widyaningrum yang jadi racunku. Terkenal dengan jurus satsetnya kalau lagi masak.

Selanjutnya bikin list belanjaan sebelum belanja bulanan. Biar belanjanya benar-benar sesuai dengan kebutuhan di bulan itu saja. Ini biasanya kecolongan kalau udah bawa anak-anak belanja. Tapi kadang aku merasa kasihan juga, karena kapan lagi momen belanja bareng mereka. Terus aku harus tahan-tahan untuk tidak belanja online kalau memang ndak butuh-butuh amat. Kurangi scrolling-scrolling di sosial media. Biasanya aku tergoda untuk beli-beli karena terinspirasi barang-barang lucu yang berseliweran di sosial media, lalu mencari-cari alasan kuat kenapa pengen beli. Waduh, payah emang. Batasi waktunya hanya untuk mencari informasi yang bermanfaat.

Ternyata diriku sudah banyak terlena dengan hal-hal yang tidak prioritas. Harus banyak-banya evaluasi diri lagi, belajar lagi, banyak membaca lagi. Ayo, semangat untuk jadi diri yang lebih baik lagi.

Leave a comment